Traffic Analysis ; Menghitung kebutuhan lift pada sebuah gedung

26 05 2011

Kali ini kita akan membahas agak “dalam” mengenai Traffic Analysis, jadi siapkan catatan dan kalkulator :)

Seperti pada artikel sebelumnya, untuk memastikan sebuah gedung dapat ber-oprasional dengan efektif maka kita perlu menghitung kebutuhan lift nya. Salah satu hasil dari perhitungan traffic analysis (TA) adalah 5 minute handling capacity (5HC).

Faktor ini dianggap penting terutama pada gedung kantor / office building, dikarenakan nilai 5HC yang kecil akan mengakibatkan menumpuknya penumpang yang menunggu saat “peak time” – biasanya pagi hari.

Nilai yang diinginkan dari 5HC bervariasi tergantung rancangan dari gedung itu sendiri hal ini berkaitan dengan budged dan “kelas” dari gedung itu sendiri. Tetapi untuk gedung kantor / office building nilainya berkisar 11 – 12%. Sedangkan untuk hotel dan apartement bisa dibawah itu.

Bagaimana cara menghitung 5 menit Handling Capacity dalam sebuah gedung? Siapkan kalkulator…

Pagi hari - beban tertinggi kebutuhan lift

Dari definisinya 5HC adalah jumlah orang yang dapat diangkat dalam waktu5 menit dibandingkan dengan jumlah populasi dalam gedung itu. Jadi apabila sebuah gedung berisi 1000 orang dan dapat mengangkut 110 orang dalam 5 menit, maka 5HC nya adalah 11%.

5HC = kapasitas angkut 5 menit / populasi

Sedangkan kapasitas angkut lift itu sendiri adalah 0,8 dari kapasitas angkut (nominal) dikali jumlah lift. Jadi apabila ada 4 lift 15 orang, kapasitas angkutnya adalah 48 orang (untuk 1 interval)

kapasitas angkut = 0,8 x kap. angkut nominal x jumlah lift

Sedangkan interval sendiri adalah waktu dari mulai lift membuka pintu – penumpang masuk – menutup pintu – dan mengantarkan penumpang – kembali ke posisi semula. Untuk nilai interval ini setiap vendor mempunyai nilainya masing masing – dihitung berdasarkan spesifikasi lift nya : jumlah lantai, kecepatan, waktu buka tutup dan akselerasi.

Interval = fungsi (jumlah lantai, kecepatan, waktu buka tutup, akselerasi)

 Apabila kita merancang 5HC sekitar 11% maka dalam 5 menit harus bisa mengangkut 11% dari populasi (1000) yaitu 110. Dengan kapasitas angkut 48 orang / interval, maka dibutuhkan 2,3 interval (110/48) dalam waktu 5 menit.  Jadi Intervalnya adalah (300 detik / 2,3 ) 130 detik.

Elevate

Sebenarnya nilai dari interval juga berpengaruh terhadap kepuasan dari pengunjung karena sebanding dengan average waiting time. Dikarenakan nilai dari :  jumlah lantai , waktu buka tutup, jumlah penumpang berpengaruh terhadap harga lift, maka perlu dicari kombinasi yang efektif antara biaya dan handling capacity.

Karena itu untuk menghitung interval dari lift digunakan program yang dapat  memberi berbagai macam hasil dari macam macam variasi yang diinginkan.

Untuk pembahasan mengenai Average Waiting Time (AWT) akan dibahas  selanjutnya.

Titian Pramudya

About these ads

Aksi

Information

7 responses

4 02 2014
sumardi

tks..infonya pa titian

18 01 2012
http://laros-edu.net

artikel mantap…
lanjutkan menulisnya….ikutan copy – ya pak….

6 01 2012
Running Open (Pre-Open) Door Feature « elevator escalator

[...] – Dengan dilakukannya pre opening maka waktu leveling + buka pintu dapat di kurangi, sehingga total waktu stop bisa berkurang sekitar 1 detik (bayangkan apabila ada 60 lantai). Hal ini tentunya mempengaruhi traffic analysis. [...]

5 07 2011
Private Lift vs Group Lift « elevator escalator

[...] terbuka, sedangkan dengan private lift, anda harus menunggu lift yang menuju unit anda. Sehingga rata rata waktu tunggu private lift lebih lama, hal ini bisa di atasi dengan kecepatan lift yang lebih cepat atau lift [...]

23 06 2011
hyundaielevator.co.kr ; a new fresh look « elevator escalator

[...] saya sayangkan adalah tidak adanya tools yang bisa digunakan seperti traffic analysis, atau energy calculator seperti pada website teman [...]

1 06 2011
4 Pertimbangan Mengenai Desain Lift Penumpang « elevator escalator

[...] jam jam padat dan sepi. Untuk gedung gedung tinggi dan populasi yang banyak diperlukan perhitungan traffic analysis yang lebih [...]

26 05 2011
Handling Capacity ; Pengaruh-nya terhadap harga jual gedung « elevator escalator

[...] Jump lift; lift yang bisa “melompat” Traffic Analysis ; Menghitung kebutuhan lift pada sebuah gedung [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 4.750 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: