Elevator Brand (3)

13 02 2010

Seminggu yang lalu, kita sudah membahas mengenai brand elevator seperti Otis, Schindler, Kone, dan ThseenKrupp. Kali ini kita akan membahas mengenai sejarah dari merk elevator yang berada di Asia.

Berawal dari perusahaan electric, Mitsubishi mulai merintis usaha-nya dengan memproduksi kipas angin. Dengan bekerja sama dengan Westingouse, mitsubishi mulai memproduksi lift pertamanya tahun 1935. Sampai sekarang Group Mitsubishi sendiri merambah hingga ke Otomotif dan Heavy Equipment.

Mitsubishi sendiri merupakan salah satu pelopor perusahaan lift di Jepang.

Fujitec Elevator berdiri tahun 1948. Berbeda dengan pendahulunya. Fujitec lebih berfokus pada elevator. Mereka menangani mulai dari perbaikan, sparepart, dan unit. Fujitec mulai merambah ke Hongkong, Korea,  Singapore, dan Amerika dalam waktu yang tidak lama.

Dengan jaringan yang mendunia, Fujitec bisa dibilang salah satu perusahaan Elevator yang cukup dipandang.

Hampir sama dengan Mitsubishi, Toshiba memulai bisnisnya dibidang electric dan semi-conductor. Toshiba Elevator sendiri baru berdiri tahun 1966. Toshiba dengan cepat menyusul saingannya dengan mengadaptasi teknologi MRL yang didapatnya dengan bekerja sama dengan KONE.

Mastepiece dari Toshiba dapat dilihat di gedung Taipe 101, yang sempat menyandang predikat gedung tertinggi di dunia. Dengan kecepatan 1010 mpm, Toshiba masih menyandang elevator trcepat di dunia.

Hyundai Elevator merupakan perusahaan yang dibentuk untuk menangani Elevator dan Escalator. Berlatar belakang Heavy Equipment Industi, Hyundai menandatangani kesepakatan dengan Westinghouse USA untuk memproduksi Elevator dan Escalator.

Kontrak perjanjian tidak dilanjutkan ketika Westinghouse USA dibeli oleh Schindler. Hyundai Elevator memperluas produknya dengan menambahkan Auto Parking System dan Material Handling kedalam daftar produknya.

Walaupun tidak berasal dari Jepang, tetapi Hyundai tetap dapat bersaing diantara merk Jepang lainnya.  Salah satu contohnya adalah dengan dibangun nya Test Tower teringgi untuk menguji Ultra High Speed Elevator-nya.

Demikianlah sejarah singkat mengenai merk – lift yang berasal dari Asia, Sekali lagi mohon maaf apabila ada yang tidak disebutkan.

Titian Pramudya


Aksi

Information

4 responses

27 11 2011
Reza Tanakaify

jangan lupa masukkan juga sigma, itu liftnya mudah ditemui di banyak gedung megah di indonesia dan negara lain,

30 05 2011
Development of the World’s Fastest Elevator with Korea’s High-Speed Technology « elevator escalator

[…] The newly developed elevator (1080m/min) is the world’s fastest elevator, surpassing the speed of the elevator (1010m/min) installed in Taiwan’s Taipei 101 Tower, which was manufactured by a Japanese company […]

14 01 2011
Vertical Transportation Handbook :Panduan Belajar Elevator dan Escalator « elevator escalator

[…] sekali perkembangan teknologi lift didapat dari artikel di internet atau press release dari produsen elevator. Tetapi untuk hal hal yang dasar yang biasanya tidak banyak berubah saya me- refrensikan buku […]

11 08 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: