Elevator Air Conditioning

18 03 2010

Pernah ada yang bertanya “Untuk lift ac nya pakai apa?”

Sebagai seorang yang pernah “jualan AC”, maka saya langsung berpikir. Pakai apa ya? Karena tidak mungkin menggunakan AC Split, berapa panjang pipa refrigerant nya? Dan bagaimana caranya pipa tersebut mengikuti jalannya lift.

Dengan AC Central

Sempat terpikir untuk menggunakan AC Central gedung yang “dihembuskan” kedalam hoistway. Tetapi hal ini kurang efisien karena besarnya hoistway dan kotornya hoistway.

Solusinya mungkin AC window, dimana semuanya menjadi satu, jadi yang mengikuti hanya kabel powernya (yang biasanya dipasang bererta power untuk lampu dan fan).

Masalah yang muncul berikutnya adalah bagaimana dengan air kondensasinya / drainnya? Setelah cari2 di wikipedia, akhirnya dapat berbagai alternatif untuk menangani masalah ini.

– Dengan cara menggunakan nozel untuk menguapkan air kondensasi dan di semprotkan ke condenser yang panas. Masalah yang timbul adalah perlunya pengecekan extra untuk memeriksa nozel agar tidak tersumbat.

– Menggunakan heater untuk mendidihkan air kondensasi. Hal ini sangat boros energi, karena watt dari heater yang cukup tinggi

– Meneteskan air kondensasi ke condenser. Hampir sama dengan cara pertama, tetapi memerlukan condenser yang sangat panas.

– Dengan sistem drain, menggunakan pompa dan pipa untuk mengalirkan air kondensasi.  Hal ini adalah cara yang terbaik, tetapi memerlukan biaya instalasi yang cukup besar.

Sekian, apabila ada tambahan, sangan sungkan2 comment..

Titian Pramudya


Aksi

Information

3 responses

17 06 2011
Magnetic Suspension ; teknologi mencegah getaran pada elevator « elevator escalator

[…] diciptakan untuk meningkatkan kenyamanan dalam menaiki elevator. Mulai dari interior yang menarik, ventilasi yang “sehat”, bahkan hiburan saat menaiki […]

16 10 2010
Arnold

@ Mas Boy, benar di google sudah ada yang pasang iklan AC lift buat di Indonesia . saya sudah download brosurnya. Thank for infonya..🙂

15 10 2010
Boy

Sepertinya keinginan untuk pasang AC untuk Lift semakin mudah teralisasi, di google.co.id apabila kita search dengan kata kunci “elevator air conditioning” ada yang mengiklankan AC khusus untuk Lift.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: