Guide Shoe

13 04 2010

Pada Elevator, car akan berjalan sesuai dengan jalurnya didalam hoistway menggunakan rel. Agar minin gesekan, maka diperlukan guide shoe yang tepat untuk setiap kecepatan.

Untuk kecepatan rendah, bisa menggunakan solid / swivel guide shoe. Sedangkan pada kecepatan tinggi biasa digunakan roller guide shoe.

Pada lift kecepatan rendah digunakan fix guide shoe dengan menggunakan pelumas yang konstan di “oleskan” pada rel. Hal ini selain mengurangi keausan rel , juga mengurangi gesekan. Sedangkan untuk vibrasi dari car sangat bergantung saat ajusting rel.

Untuk mengamati guide shoe bisa kita lihat pada nude elevator / observation elevator dimana rel nya terlihat dengan jelas.

Sedangkan untuk lift kecepatan tinggi (diatas 90) disarankan untuk menggunakan roller guide shoe.

Roller guide shoe menggunakan 3 roda yang flexibel dengan 3 suspensi. Pada roller guide shoe tidak menggunakan pelumas. Karena menggunakan suspensi maka getaran pada car lebih dapat teredam.

Untuk lift tercepat seperti pada Taipe 101, selain digunakan roller guide shoe khusus, Car yang digunakan dirancang agar aerodinamis. Karena pada kecepatan tersebut hambatan udara juga mempengaruhi getaran pada car.

Titian Pramudya


Aksi

Information

2 responses

13 09 2011
Membongkar teknologi Lift “tercepat”di dunia « elevator escalator

[…] mengurangi dampak dari getaran yang disebabkan oleh rel, digunakan active guide roller dimana roller dapat bergerak untuk meniadakan […]

17 06 2011
Magnetic Suspension ; teknologi mencegah getaran pada elevator « elevator escalator

[…] itu pada lift kecepatan tinggi perlu diperhatikan jenis guide shoe nya. Seperti kita ketahui ada beberapa macam tipe guide shoe seperti solid / swivel guide shoe, roller guide shoe, bahkan  active guide shoe. Sekarang ini telah […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: