Overspeed Governor

13 04 2010

Biasa disebut dengan governor – saja. Overspeed governor merupakan salah satu savety device untuk mencegah lift melewati kecepatan yang di desain / dirancang.

old governor - fly ball

Secara garis besar ada 2 jenis governor menurut desainnya. Keduanya menggunakan gaya sentrifugal, yaitu centrifugal dan flyball. Centrifugal governor banyak kita temui pada lift kecepatan rendah. Sedangkan flyball digunakan untuk kecepatan tinggi.

Ada yang berpendapat bahwa flyball governor lebih sensitif, tetapi ini hanya perdebatan dalam desain governor itu sendiri.

Cara kerja governor sendiri adalah dengan merubah kecepatan putar dari governor menjadi gaya yang dapat menghentikan putaran governor.

centrifugal governor

Ketika kecepatan lift melebihi kecepatan tertentu (biasanya 15-20% diatas kecepatan desain lift) maka gaya centrifugalnya cukup untuk membuat governor mengunci.

Dengan berhentinya governor, maka governor rope akan berhenti sedangkan car tetap berjalan. Perbedaan kecepatan ini akan menarik tuas dari locking mechanism pada safety gear.

Savety gear akan “menggigit” rel dengan kencang sehingga membuat car berhenti. Ketika safety gear “mengunci” dan car dalam kecepatan yang cukup tinggi, maka rel akan rusak.

Untuk selanjutnya rel dari lift harus diganti karena sudah rusak dan tidak rata lagi. Karena itu Drop test biasa dilakukan hanya saat rel mau diganti.

Titian Pramudya


Aksi

Information

5 responses

22 12 2010
yantje capri

bila lift MRL,tiba tiba overdhoot keatas sehingga pintu tidak bisa membuka pada lantai atas,bagaimana cara menyelamatkan penumpang yang berada didalam.
Saya pernah melihat pada ada yang memakai chain balancing ,atau rope balancing ,saya kurang tahu gunanya .mohon dapat dijelaskan.terima kasih

22 12 2010
titianpramudya

Untuk semua lift ada yang namanya final swich. Switch ini berfungsi memutus semua aliran listrik ke motor apabila terkena sensornya.
Dengan tiadanya daya listrik maka motor akan langsung mati dan mengerem.
Chain balancing atau rope balancing digunakan untuk lift yang mempunyai panjang roping yang significan (travel tertentu), Seperti kita ketahui bahwa lift dan counterweight saling menghilangkan beban masing2. Sedangkan faktor berat dari roping itu sendiri diimbangkan dengan compesating rope /chain. Untuk jelasnya bisa dilihat pada artikel mengenai compesating chain.

19 06 2010
syahrul alamsyah

governor tsb dapat bekerja dengan batas 15 – 20% melebihi kecepatan, berarti lift tersebut dalaam range top speed, tetapi gaimana bila belum mecapai top speed atau melebihi 15 -20 % kecepatan,rope sangkar sudah putus? apakah governor dapat bekerja? apakah system governor sudah cukup aman????

20 06 2010
titianpramudya

Betul sekali, governor akan mengunci pada kecepatan 15 – 20% dari kecepatan lift.

Governor mempunyai rope sendiri yang berfungsi untuk mengetahui kecepatan lift dan sekaligus mengaktifkan Brake mechanisme.

Jadi ketika kecepatan melebihi 20%, governor akan mengunci dan rope governor yang terkunci akan mengaktifkan brake mekanisme.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat disini:

http://science.howstuffworks.com/elevator5.htm

13 04 2010
Elevator Safety « elevator escalator

[…] Overspeed governor; Governor adalah alat untuk menditeksi kecepatan lift secara mekanis. Dimana kecepatan governor […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: