Compensating rope / chain

14 04 2010

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam desain elevator counterweight dirancang dengan berat car beserta 1/2 dari kapasitasnya. Sehingga dengan jumlah 1/2 dari kapasitasnya maka berat kedua sisi akan seimbang.

Masalahnya berat dari kedua sisi akan berubah dengan bergeraknya car keatas dan kebawah. Hal ini disebabkan perpindahan berat dari roping ke-sisi yang lainnya. Secara desain diatas kertas berat dari rope sendiri tidak diperhitungkan, tetapi pada keadaan aktual, berat dari roping akan cukup significant.

Compesating System

Bisa dibayangkan berapa variasi berat yang terjadi diantara kedua sisi apabila jumlah lantai yang dilayani sampai 20 lantai.

Karena itu perlu ditambahkan berat yang dapat menyesuaikan perpindahan berat roping diantara kedua sisi car dan counterweight yaitu Compesating rope /chain. Compesating rope /chain diletakan dibawah car & counterweight.  Untuk lift dengan kecepatan rendah biasanya digunakan compesating chain, karena harganya yang relatif lebih murah.

Ada kalanya rantai yang digunakan menghasilkan suara yang sedikit “menggangu” sehingga perlu ditambahkan peredam seperti tali / karet. Sedangkan untuk lift dengan kecepatan tinggi, digunakan compesating rope.

Ada beberapa manfaat dari compesating rope, yaitu :

– Menyeimbangkan beban yang bervariasi dikarenakan perpindahan sisi traction rope.

– Membuat start & stop dari car lebih mulus.

– Menambah daya traksi pada lift yang tinggi.

Ada beberapa kendala yang ditimbulkan dari compesating rope:

– Pada gedung yang tinggi, disaat car pada posisi teratas / terbawah dimana bentangan-nya paling panjang, maka rope akan berayun ayun karena tegangannya yang rendah. Sehingga kemungkinan dapat terlilit.

– Beban compesating rope akan menambah beban lift.

– Compesating chain yang tidak dilapisi akan menimbulkan suara berisik

Compesating chain w/ rubber

Ada beberapa perdebatan mengenai kegunaan vs kerugian dari compesating rope / chain, mungkin akan kita bahas selanjutnya.

Titian Pramudya


Aksi

Information

One response

3 01 2012
Reza Tanakaify

kalau zaman sekarang itu di bawah hoistway itu ada roda untuk compensating rope, seperti yang sering disyuting di acara kuis secret mission (masih ingat???) itu loh. Di brosur lift tercepatnya Hyundai itu juga ada, jadi sepertinya sudah tidak mungkin melilit lagi….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: