Twin Elevator

28 05 2010

Ada berbagai cara untuk meningkatkan kapasitas angkut dari system lift / elevator. Diantaranya seperti yang pernah kita bahas, yaitu double deck elevator. Kemudian baru baru ini diluncurkan lift terbesar yang dapat mengangkut 80 orang sekali jalan. Jelas meningkatkan kapasitas angkut, tetapi apakah efisien apabila hanya mengangkut 10 orang?.

2 car 1 hoistway 0 crowd

Twin elevator, 2 car in 1 hoistway

Ada sebuah sistem lagi yang akan kita bahas, yaitu twin elevator. Yang dimaksud dengan twin elevator adalah dua car / kabin dalam 1 hoistway. Apakah sama dengan double deck elevator?

Conventional VS Double Deck Elevator

Double deck elevator memang mempunyai 2 car dalam 1 hoistway, tetapi keduanya berjalan searah dan hanya terpaut 1 lantai. (genap dan ganjil), Sedangkan twin elevator mempunyai 2 car yang dapat berjalan secara individual didalam hoistway. Apakah aman? Bagaimana cara mengontrolnya?

Didalam prosesnya twin elevator harus dipasangkan dengan sebuah elevator yang terletak didalam hoistwaynya sendiri. Karena tidak mungkin twin elevator terebut “melompati” kembarannya. Dan untuk pengaturan panggilan nya digunakan destination system (nanti akan dibahas selanjutnya).

Kembali ke pertanyaan sebelumnya, apakah aman? Pihak yang menjualnya meng- claim bahwa sistem ini aman dan karena semuanya diatur dengan komputer, maka kesalahan kesalahan human error dapat diminimalisir. Tetapi saya masih tidak bisa membayangkan 2 car yang bergerak bebas dalam hoistway tanpa adanya batasan yang real selain program komputer.

Mungkin teknologi ini masih dianggap baru sehingga belum banyak brand elevator yang menerapkannya.  Apakah karena system yang di patenkan, apakah karena penerimaan masyarakat atau hanya masalah teknologi. Kita akan mengetahui jawabannya seiring dengan perjalanan waktu.

Sebagai contohnya adalah lift MRL, dimana penerimaannya agak terhambat karena regulasi, tetapi sekarang ini hampir semua merk lift mempunyai jenis ini.

Titian Pramudya


Aksi

Information

One response

2 06 2010
Destination System « elevator escalator

[…] 2 06 2010 Seperti yang pernah disinggung didalam artikel mengenai traffic analysis dan twin elevator, destination system adalah salah satu cara mengurangi waktu tunggu dengan jumlah lift yang […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: