Pertimbangan dalam membeli Home Lift

11 08 2010

Sekarang ini saya banyak mendapat permintaan untuk lift yang dipasang dirumah.

Lift elevator hyundai 4 orang

Hyundai Home lift

Sebenarnya ada berbagai macam merk dan jenis yang bisa menjadi pertimbangan, tetapi sebelum itu ada perlunya kita tentukan dahulu kebutuhan kita.

Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan:

1. Ukuran Hoistway.

Untuk gedung besar, mungkin ukuran hoistway tidak terlalu menjadi masalah, tetapi untuk rumah kita perlu memperhatikan berapa ruangan yang tersedia. Untuk homelift biasanya diperlukan sekitar 1,5 x 1,5 m – untuk kapasitas 4 orang.  Apabila ruangan yang ada lebih besar, maka tidak menutup kemungkinan menggunakan kapasitas yang lebih besar.

Lift kursi roda2. Akses kursi roda.

Salah satu faktor mengapa menggunakan lift di rumah adalah adanya kursi roda. Jadi sebelum memutuskan kapasitas lift yang digunakan, sebaiknya ditanyakan apakah bisa masuk kursi roda? Untuk kursi roda sendiri memerlukan bukaan pintu 80 cm dan car inside sekitar 1 m x 1,3 m (untuk jelasnya bisa dilihat disini)

3. Besar konsumsi listrik.

Seperti yang kita ketahui betapa susahnya menambah daya listrik, maka apabila kapasitas listrik dari lift semakin kecil maka akan semakin baik. Untuk home lift biasanya digunakan motor yang lebih kecil. Apabila masih dirasa besar, maka kecepatan lift harus dikorbankan. (untuk rumah bisa menggunakan 30mpm daripada 60mpm)

4. Ruang mesin.

Dengan adanya elevator jenis MRL / machine room less, maka pilihan arsitek semakin terbuka. Mereka bisa mendesign bentuk atap tanpa harus diganggu oleh bentuk ruang mesin yang menjulang tinggi.

5. Merk lift

hyundai elevatorKarena lift ini akan dipasang dirumah sendiri, maka sebaiknya kita pastikan kredibiltas dari pemegang merk tersebut, karena kita sendiri yang akan memakainya setiap hari.  Jangan sampai lift tersebut hanya menjadi “hiasan” saja karena tidak bisa beroprasi  atau kita terlalu kuatir untuk menggunakannya.

Hyundai sendiri juga memiliki lift yang dapat memenuhi kebutuhan untuk rumah, mulai dari 4 orang dengan hoistway 1,5 x 1,5m tengan tipe tanpa ruang mesin (MRL).

Titian Pramudya


Aksi

Information

One response

5 01 2011
Home Lift type : Screw and nut System « elevator escalator

[…] Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis artikel mengenai beberapa pertimbangan dalam membeli home lift. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: