Elevator Standart Feature

16 08 2010

Saat menjual elevator, banyak yang menanyakan fitur fitur dari elevator. Sebenarnya untuk setiap merk elevator hampir mempunyai fitur yang sama, hanya saja ada beberapa perbedaan penyebutan / istilahnya.

Saya akan jelaskan beberapa fitur standart dari lift.

Cara yang salah

1. Colective Selective control; Fitur ini sudah dimiliki oleh hampir sebagian elevator dimana car / kereta akan terbuka pada panggilan yang searah saja. Ketika lift turun, tidak akan merespon panggilan untuk naik.

2. Attendant Service; Kalau kita perhatikan ada kalanya lift perlu digunakan secara manual dengan mengabaikan semua panggilan dari luar. Fitur ini memungkinkan penggunaan kunci untuk membuka control attendant.

3. Car light & fan shut-off automatic; Dimana fan dan lampu akan mati otomatis ketika tidak digunakan.

4. Car light & fan Emergency; Telah disediakan batre untuk mengakomodasi penumpang lift saat keadaan darurat, sehingga penumpang tetap nyaman.

5. Fireman emergency return; Ketika terjadi kebakaran / glass alarm dipecahkan maka lift akan kembali ke lantai yang ditunjuk (biasanya lobby).

6. Overload stop; Fitur ini penting untuk mencegah kapasitas berlebih pada car.

7. Automatic bypass; Berhubungan dengan fitur no 6, apabila kapasitas sudah penuh, maka lift tidak akan melayani panggilan lainnya.

Selain ketujuh feature diatas ada beberapa feature yang dimiliki oleh lift Hyundai.

8. Multi beam; Dengan menggunakan sensor infra red berupa curtain (menyeluruh) maka pintu tidak harus menyentuh/ menabrak baru kembali terbuka. Semuanya menggunakan sensor .

dot matrix vs digital

Dot matrix & digital

9.Reversal Call Canceling; Pernakah anda salah memencet tombol lift? Atau ketika anda masuk sudah ada tombol yang menyala? Dengan Feature ini hanya perlu menekan kembali tombol lantai yang tidak diinginkan.

10. Dot Display indication; Berbeda dengan display tipe digital (seperti angka 8), tipe ini menggunakan titik / dot sehingga lebih interaktif dan halus.

11. VVVF Inverter drive;  Dengan inverter ini pergerakan lift akan menjadi lebih halus saat akselerasi & berhenti. Untuk setiap merk biasanya menggunakan istilah yang berbeda.

Sebenarnya masih banyak fitur lainnya yang ada (standart & optional) mungkin akan dibahas lebih mendalam di tulisan berikutnya.

Titian Pramudya


Aksi

Information

2 responses

27 09 2011
Elevator Hack 101; Bagaimana mencapai lantai tujuan dengan cepat « elevator escalator

[…] hal ini bisa dilakukan dengan fitur attendant service, dimana kendali lift sepenuhnya ada di tombol manual. Hanya saja tombol tersebut biasanya di […]

26 09 2011
Anti Nuisance ; Mengusir “hantu” dalam lift « elevator escalator

[…] itu sekarang lift dilengkapi oleh fitur Anti Nuisance. Tujuannya adalah memperkirakan jumlah orang didalam lift dan berapa lantai yang di tekan. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: