Regenerative Converter and the Variable Traveling Speed Elevator System

14 10 2010

Mungkin judul  diatas terdengar “canggih” atau rumit,  tetapi sebenarnya bukan merupakan hal baru, hanya cara peng-aplikasiannya saja pada lift yang masih tergolong baru dan baru di- aplikasikan oleh merk2 lift tertentu.

Mari kita bahas satu persatu:

Regenerative Converter merupakan fitur pada elevator dimana motor lift dapat menyerap tenaga ketika pergerakan lift dalam keadaan yang “menguntungkan“. Seperti kita ketahui antara car dan counterweight mempunyai perbandingan berat yang berubah2.

Ketika car lebih berat, maka lift cenderung turun, begitu pula sebaliknya. Ketika pergerakan lift“didukung” oleh berat car, maka motor lift dapat menyerap energi kinetik tersebut menjadi listrik. Kelebihan listrik tersebut dapat digunakan untuk listrik gedung tersebut. Teknologi ini banyak digunakan pada mobil hybrid, dimana ketika jalan turun / posisi mengerem, motor electric akan menghasilkan listrik.


Variable Traveling Speed Elevator System adalah perubahan kecepatan (lebih cepat) dari rated speed elevator ketika “beban” motor lebih kecil.

Seperti kita ketahui besarnya tenaga motor yang diperlukan bergantung dari cecepatan dan selisih berat antara car dan counterweight. Ketika Keduanya seimbang, maka gaya yang dibutuhkan lebih kecil. Kelebihan gaya tersebut dapat di-alihkan untuk meningkatkan kecepatan lift. Hal ini di claim dapat membuat waktu tunggu yang lebih kecil (lebih baik).

Di jaman sekarang fitur “hijau” seperti diatas mulai diterapkan dimana di claim akan menghemat energi. Tetapi apakah fitur tersebut sebanding dengan harganya?

Titian Pramudya


Aksi

Information

One response

21 10 2010
Green Technology Elevator : Hyundai received ‘A’ class energy efficiency certificate « elevator escalator

[…] Sedikit refrensi mengenai artikel sebelumnya mengenai Lift hemat Energi. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: