Mechanical Floor: Lantai yang telupakan

9 02 2011

mechanical floorSesuai dengan namanya, mechanical floor merupakan lantai yang di khususkan untuk peralatan ME pada gedung.

Untuk gedung diatas 30 lantai diperlukan ruangan – bahkan lantai khusus untuk peralatan mechanical seperti pompa, electrical, HVAC Equipment dan bahkan ruang mesin lift.

Pada artikel sebelumnya dapat dilihat pada diagram lift bahwa ada lantai yang kosong (tidak dilayani oleh lift – hanya lift service).  Karena itu walaupun mechanical floor juga diberi nomer lantai (ikut dihitung), tetapi karena letaknya berada diantara 2 group zone yang berbeda banyak orang yang tidak menyadarinya.

Sebagai gambaran, biasanya diperlukan 1 lantai khusus untuk setiap 10 lantai. Ada kalanya lebih sedikit (untuk alasan ekonomis).

Burj Mechanical Floor

Letak Mechanical Floor

Apabila anda mau melihat ada berapa mechanical floor dalam gedung tersebut paling mudah dilihat pada saat gedung tersebut dibangun karena Mechanical floor paling terakhir ditutup fasad nya. Kalau dilihat pada gambar diatas, sangat mudah kita menebak dimana letak nya.

Apabila gedung tersebut sudah jadi / tertutup semua, kita masih bisa melihatnya (walaupun agak susah). Mechanical floor memerlukan ventilasi yang banyak, karena itu diperlukan bukaan besar / grill yang menyalurkan udara ke peralatan.

Dapatkah anda mencari letak mechanical floor padqa gedung bakrie dibawah? (klik untuk tahu jawabannya)

Titian Pramudya

 

Dimanakah letak Mechanical Floor nya?


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: