Paternoster ; Elevator yang berputar

22 03 2011

Klik untuk menaikinya !!!

Diambil dari bahasa aslinya Pater dan Noster yang artinya “Bapa kami” diberikan kepada alat ini karena sistem-nya yang berputar terus menerus seperti saat sedang berdoa menggunakan Rosario.

Paternoster terkenal pada abad ke 20 di Eropa dikarenakan dapat mengangkut orang dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat. Bentuknya yang menyerupai lift dan sistem kerjanya yang berputar terus menerus seperti escalator menggabungkan keunggulan keduanya.

Setiap kabinnya dapat membawa 2 orang dengan kecepatan 0,3 m / s (18 mpm) tanpa harus berhenti menunggu orang keluar / masuk.

Jangan kuatir apabila sudah sampai lantai ter atas, karena anda tetap akan turun kembali di ruang luncur sebelahnya. Hanya saja berhati hati ketika keluar / masuk karena ia tidak akan menunggu anda apabila tersangkut.

Karena sistemnya yang tidak menggunakan savety dan berjalan terus, banyak anak anak dan orang tua yang menjadi korban alat ini. Karena kekurangan ini-lah banyak orang yang tidak mau menggunakannya lagi, sehingga alat ini pun punah dengan sendirinya (masih ada beberapa yang di”lestarikan”)

Untuk jelasnya bisa dilihat pada video diatas  atau lihat gambar animasinya.

Pada tahun2006, Hitachi salah satu pembuat lift modern ingin mendesain paternoster modern yang dilengkapi dengan sensor dan alat pengaman (Sampai sekarang belum ada kabarnya). Apakah akan ada paternoster generasi terbaru, ataukah kita masih harus mengucapkan paternoster (berdoa) setiap kali menaikinya.

 

Titian Pramudya


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: