Handling Capacity ; Pengaruh-nya terhadap harga jual gedung

25 05 2011

Kalau kita pikirkan, mengapa harga jual sebuah gedung bisa mahal, salah satu jawabannya adalah lift. Bukan karena harga lift nya yang mahal, tetapi fungsinya. Bisa kita bayangkan sebuah gedung 10 lantai tanpa lift, apakah ada tenant yang mau menyewa lantai 4 keatas?

Sebelum membuat sebuah gedung kita perlu merancang dulu kebutuhannya. Berapakah  jumlah orang didalam gedung tersebut, apa fungsi dari gedung tersebut. Akan sangat disayangkan apabila gedung yang tinggi dan mewah tidak memiliki lift yang mendukung untuk mengantarkan penghuninya dengan efektif.

Kapasitas lift sendiri dapat di definisikan dalam handling capacity, yaitu berapa banyak orang yang dapat diangkut / diantar dalam rentang waktu tertentu (biasanya 5 menit / 300 detik). Sedangkan faktor yang mempengaruhi handling capacity sendiri adalah : Jumlah lift,  jumlah penumpang dan kecepatan lift nya.

Untuk setiap perbedaan fungsi gedung berbeda juga kapasitas yang diinginkan. Sebagai contoh: Dalam merancang lift untuk kantor / office building diharapkan dalam 5 menit sekitar 11-15% dari populasinya dapat terangkut. Hal ini dikarenakan adanya lonjakan pengunjung saat jam masuk kerja. Sedangkan untuk apartement / hotel handling capacity yang diharapkan lebih kecil dari gedung kantor dikarenakan interval datangnya pengunjung yang lebih merata.

Kebutuhan lift sendiri sangat penting direncanakan dari awal. Karena apabila pembangunan gedung sudah selesai, sangat susah untuk merubah atau menambah jumlah lift atau merubah kecepatan lift . Karena itu pastikan kebutuhan lift sebelum membeli lift.

* Bagaimana cara menghitung kebutuhan lift? Tunggu artikel selanjutnya mengenai Traffic Analysis

Titian Pramudya


Aksi

Information

One response

26 05 2011
Traffic Analysis ; Menghitung kebutuhan lift pada sebuah gedung « elevator escalator

[…] Sebenarnya nilai dari interval juga berpengaruh terhadap kepuasan dari pengunjung karena sebanding dengan average waiting time. Dikarenakan nilai dari :  jumlah lantai , waktu buka tutup, jumlah penumpang berpengaruh terhadap harga lift, maka perlu dicari kombinasi yang efektif antara biaya dan handling capacity. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: