Magnetic Suspension ; teknologi mencegah getaran pada elevator

17 06 2011

Selama ini banyak hal yang diciptakan untuk meningkatkan kenyamanan dalam menaiki elevator. Mulai dari interior yang menarik, ventilasi yang “sehat”, bahkan hiburan saat menaiki lift.

Tetapi tidak ada yang lebih “mengganggu” daripada goyangan – goyangan saat lift jalan, terutama pada lift lift dengan kecepatan tinggi. Getaran / goyanggan pada kabin bisa disebabkan oleh banyak hal, sperti : tidak lurusnya rel dan sambungan pada rel. Seiring dengan meningkatnya kecepatan lift, maka getaran akan semakin terasa.

Karena itu pada lift kecepatan tinggi perlu diperhatikan jenis guide shoe nya. Seperti kita ketahui ada beberapa macam tipe guide shoe seperti solid / swivel guide shoe, roller guide shoe, bahkan  active guide shoe. Sekarang ini telah dikembangkan guide shoe (mungkin buka shoe lagi namanya) dengan menggunakan medan magnet. Cara kerjanya hampir sama dengan rel pada kereta api kecepatan tinggi, dimana antara rel dan shoe tidak saling bersentuhan.

Dengan teknologi ini getaran yang diakibatkan oleh sambungan pada rel dapat diatasi karena rel tidak bersentuhan secara langsung. Medan magnet yang diciptakan dapat menjaga agar sangkar tetap berjalan mulus walaupun rel nya. Selain itu karena tidak bensentuhan, maka suara yang dihasilkan bisa dikatakan tidak ada, berbeda dengan roller guide shoe yang bersentuhan & berputar mengikuti kecepatan.

Untuk lebih jelasnya mungkin bisa dilihat gambar gambar berikut.

Titian Pramudya


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: