Membongkar teknologi Lift “tercepat”di dunia

13 09 2011

Sebelum kita masuk lebih dalam, mungkin ada baiknya kalau kita melihat latar belakang diciptakannya lift dengan kecepatan 1080 mpm ini.

Seperti pada artikel sebelumnya, Hyundai Elevator mengembangkan lift tercepat dengan menggunakan teknologi nya sendiri. Tujuannya sudah jelas, yaitu meninggalkan ketergantungan terhadap teknologi yang sudah ada.

Tujuan kedua adalah untuk memasuki pangsa pasar Hi Speed Elevator yang masih dikuasai oleh beberapa merk saja.  Karena itu dengan komitmen ini Hyundai membangun test tower tertinggi dan membuat lift tercepat di dunia.

Teknologi apa saja yang diterapkan pada lift tercepat di dunia?

Traction Machine

Dengan menggunakan 3 buah motor 3 phase (9phase) yang dikembangkan sendiri, maka dibuat lah motor yang memiliki daya reabilitas yang tinggi. Apabila ada 1 motor yang rusak, maka 2 masih bisa berjalan. Motor yang baru ini menggunakan Hydaulic brake dimana di-claim lebih presisi dan compact dibandingkan magnetic brake.

Noise, Vibration, Harshness System

Aerodinamic capsule meminimalkan dampak getaran karena udara. Selain itu pintu cabin dibuat kedap dengan mekanisme pintu yang hampir sama dengan pintu pesawat.

Untuk mengurangi dampak dari getaran yang disebabkan oleh rel, digunakan active guide roller dimana roller dapat bergerak untuk meniadakan getaran.

Atmospheric Pressure Control

Dengan kabin yang kedap, tekanan udara dikondisikan sehingga tidak menyebabkan telinga sakit. Perubahan tekanan dijaga dalam fluktuasi 5%.

Mechanical Safety Component

Safety gear yang digunakan terbuat dari keramik yang dapat tahan pada suhu 1000C, sehingga dapat menghentikan lift yang jatuh pada kecepatan diatas 1080 mpm.

Dengan menggunakan Fly Ball Governor, maka kecepatan lift dapat dijaga dengan akurasi yang tinggi pada top speed.

Selain itu untuk meminimalkan kedalaman pit yang dibutuhkan, digunakan 3 stage telescopic buffer.

Dari semua teknologi diatas, Hyundai tidak lupa untuk tetap ramah lingkungan. Dengan menggunakan Recycling Inverter, maka 75% energi yang terbuang saat pengereman dapat dirubah menjadi energi kembali. Karena itu Hyundai Elevator mendapatkan sertifikat “Class A Energy Efficiency” dari TUV untuk kelas lift 600 mpm.

Titian Pramudya

 


Aksi

Information

2 responses

3 04 2012
adereza ( mech engineering UNDIP)

thanks mr titian….sy sedang dlam proses menyelesaikan Tugas Akhir mengenai enginering design ,parking tower for motorcycle, menggunakan sistem lift…..klo boleh minta alamat email ato facebook…sy ingin tanya2….lunartazkia@yahoo.com …thanks sir

29 09 2011
World’s Fastest Elevator: In China, but Made in Japan « elevator escalator

[…] it will be installed. In May 2010, Korea’s Hyundai Elevator Co. said it developed an elevator, “The EL 1080,” that as the name suggests can travel at 1,080 meters per minute, the same as Mitsubishi’s […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: