PORT; Personal Occupant Requirement Terminal

4 10 2011

Apakah jadinya apabila destination system digambungkan dengan buuilding automation system?

Jawabanya adalah PORT (Personal Occupant Requirement Terminal).

Dikembangkan oleh salah satu perusahaan lift, selain menjual destination system, mereka juga menjual sistem akses gedung tersebut. Tentunya dengan menggabungkan keduanya, perjalanan pengguna / occupant di claim bisa lebih efektif dan hemat energy.

Apa saja yang bisa kita pelajari dari system ini?

1. Acces system yang ter integrasi. Selain menggunakan gerbang / barrier, lift juga digunakan untuk membatasi akses penggunanya. Sistem ini menggunakan kartu yang sudah di pre – program, sehingga bisa diketahui lokasi penggunanya saat itu.

2. Destination System. Dengan menggunakan kartu khusus,  lift bisa mengenali penggunanya tanpa harus menyentuh (touchless). Kemanakah lantai yang akan dituju, dan jam berapa biasanya orang tersebut datang. Dengan data data tersebut, lift dapat “memprediksi” traffic sehari hari, dan meng-antisipasinya.

3. Toleransi. Apabila ada lift yang tidak berfungsi / dalam perawatan, maka PORT bisa mengarahkan penggunanya ke lift yang lain sehingga tidak terjadi penumpukan di satu tempat.

4. Emergency Operation. Apabila lift diperlukan untuk evakuasi dalam keadaan darurat, PORT sudah mendukung dikarenakan informasi bisa langsung didapat dan dilaksanakan oleh penggunanya.

5. Personalisasi. Selain “mengenali” penggunanya, PORT juga mengetahui kebutuhan penggunanya. Akses khusus dan perlakuan khusus dapat diberikan untuk orang orang tertentu, seperti penyandang cacat, atau VIP.

Sebenarnya Destination system dan Building Automation system bukan merupakan hal yang baru, tetapi penggabungan keduanya dapat membuat gedung tersebut lebih optimal. Apalagi sekarang ini banyak gedung yang ingin disebut “green” bulding atau bahkan “smart” building.

Titian Pramudya


Aksi

Information

One response

29 01 2014
Microsoft Smart Elevator | elevator escalator

[…] banyak orang ketahui ada 2 tipe oprasional elevator, yaitu secara normal atau destination system. Untuk cara normal, penumpang diminta untuk menekan lantai tujuan. Dengan sistem Smart Elevator, […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: