Elevator Ride Quality – Sound and Vibration

21 08 2013

coin-standing-on-a-table-90537Selain penampilan visual, masih ada beberapa kriteria yang mempengaruhi kenyamanan penumpang dalam menaiki lift. Memang kedua faktor ini tidak dapat dilihat langsung, tetapi dapat “dirasakan”.

Pada jaman dahulu, seseorang menentukan kualitas pemasangan lift dengan menggunakan koin yang diletakkan berdiri pada lantai lift yang berjalan. Apabila posisi koin tersebut tidak jatuh, maka bisa dikatakan “lulus”. Tetapi jaman telah berubah, dimana keahlian meletakkan koin sudah tidak dirasa ilmiah lagi, maka digunakan alat untuk merekam vibrasi di dalam sangkar.

Secara garis besar, ada beberapa faktor yang mempengaruhi “perasaaan” penumpang saat menaikki lift.

1. Jerk / goncangan mendadak biasa dirasakan saat lift mulai bergerak. Dengan satuan m/s3, faktor ini bergantung pada jenis motor dan settingan. Ada kalanya kita rasakan sebuah elevator dapat bergerak mulus disaat mulai berjalan, dikarenakan penyetelan yang tepat.

Pages from noisevibrationdata

2. Akselerasi mempengaruhi berapa lama lift mencapai kecepatan maksimum nya. Akselerasi yang besar akan membuat penumpang merasa lebih berat dari seharusnya. Settingan akselerasi biasanya disesuaikan oleh budaya tempat tersebut. Di jepang contohnya, akselerasi dibuat seminim mungkin sehingga penumpang tidak merasakan lift berjalan.

3. Vibrasi vertikal (atas dan bawah). Dengan satuan yang sama seperti akselerasi (s/m2) getaran ini dapat dirasakan oleh organ tubuh bagian dalam seperti perut dan telinga. Biasanya getaran ini diakibatkan oleh media traksi / roping, karena itu banyak dirasakan pada lift baru / yang baru mengganti ropping. Nilai maksimal yang diijinkan adalah 25 mg (milli gal) atau 0,25s/m2 dan rata rata 15-20 mg, tentunya nilai ini berbeda beda setiap manufaktur.

4. Vibrasi lateral (horizontal). Getaran dengan arah horizontal dapat langsung dirasakan, terutama jika kita bersender pada dinding lift. Getaran ini pula yang coba di ilustrasikan oleh koin yang berdiri. Apabila koin tersebut jatuh, maka getaran nya dianggap cukup besar. Nilai maksimum antar peak pada getaran ini adalah 15 mg, kembali lagi nilai ini berbeda pada setiap manufaktur.

5. Suara dalam sangkar. Biasanya suara di dalam sangkar tidak akan mengganggu pembicaraan anda, tetapi suara suara “misterius” tersebut akan mengganggu pikiran anda.  Ada beberapa sumber suara dalam shaft, seperti: suara pintu, suara lift yang lewat (angin), suara struktur lif (biasanya diakibarkan oleh getaran)

Untuk lebih jelasnya, artikel diatas dapat di download di sini.

Titian Pramudya


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: